Pocong Aja Happy , Masa Kamu Enggak

Lulus SMP ? Masuk SMK Aja

Artikel terkait : Lulus SMP ? Masuk SMK Aja

Logo Osis Tingkat SLTA Sederajat dan SMP Sederajat
PocongHappy - Setelah lulus SMP pasti kamu mikirin mau masuk sekolah mana kan ? Pastilah , tapi kali ini saya akan memberikan saran untuk sahabat-sahabat semua yang membaca artikel ini .

Sebelum kamu setuju dengan saran saya atau tidak , sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan fitur yang terdapat di SMA dan SMK . 😉

  • Pengertian Sekolah Menengah Atas (SMA)
Sekolah Menengah Atas atau disingkat SMA adalah sebuah lembaga pendidikan yang terselenggara untuk mempersiapkan siswa siswinya agar dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi atau perguruan tinggi . Kurikulum SMA 90% ditunjukan untuk mengembangkan segi akademis atau ilmu pengetahuan dan science sebagai persyaratan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi .

Terdapat 3 Syarat program di SMA sebagai persyaratannya memasuki lanjutan berikut :
  1. Program IPA diperuntukan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan dibidang eksak : Biologi , Fisika , Kimia , dan Matematika . Mereka dapat mengambil jurusan-jurusan eksas di PT seperti : Kedo Ktoran , Formasi Gizi , Matematika , Statistika , Teknik Industri , Pertanian , Pertambangan , dan lain-lain .
  2. Program IPS diperuntukan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan dibidang non eksas seperti : Ekonomi , Akutansi , Sosiologi , Geografi . Mereka dapat mengambil jurusan-jurusan non eksas di PT seperti : Manager Hukum , Akutansi , Ilmu Komunikasi , Antropologi , dan lain-lain .
  3. Program BAHASA diperuntukan bagi siswa-siswi yang memiliki kemampuan dibidang bahasa : Bahasa Inggris , Prancis , Jepang , China . Mereka dapat mengambil jurusan Bahasa dan Komunikasi di Perguruan Tinggi .
  • Pengertian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 
Sekolah Menengah Kejuruan atau disingkat SMK adalah sebuah lembaga pendidikan yang mempersiapkan siswa-siswinya agar setetlah temat SMK , dapat memperolah keahlian dan dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi keahlian sesuai dengan spesifik yang dikembangkan dui SMK tersebut .
Sistem belajar di SMK terdiri dari 80% praktek dan hanya 20% teori meliputi :
  • Program Adaftif : yaitu program seperti disekolah lanjutan pada umumnya , contoh : Mata pelajaran , Komputer , Bahasa Inggris , Matematika , dan Fisika .
  • Program Produktif , yaitu program yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan yang dipilih oleh peserta didik .
Di SMK berlaku sistem ganda dimana penyelenggaraan pendidikan biasanya bekerja sama dengan perusahaan atau balai latihan kerja kelulusan siswa SMK berdasarkan : Nilai akademis dan Kompetensi . Bidang keahlian oleh kerena itu untuk dapat dinyatan lulus , selain harus melalaui tes akademis , juga harus melalui tes kompetensi sesuai bidang keahlian .
Secara umum terdapat 9 jenis atau kelompok keahlian di SMK yaitu :
  1. Kelompok Teknologi dan Industri
  2. Kelompok Bisnis dan Managemen 
  3. Kelompok Seni dan Kerajinan
  4. Kelompok Pariwisata
  5. Kelompok Olahraga
  6. Kelompok Agama
  7. Kelompok Kesenian
  8. Kelompok Kesehatan dan Obat-obatan
  9. Kelompok Kesejahteraan Masyarakat
Kesimpulan Saya :
Berdasarkan kesimpulan saya , memasuki SMK adalah solusi yang lebih baik dibandingkan memasuki SMA dikarenakan faktor berikut :
  • Lulusan SMK akan lebih mudah mencari pekerjaan dibandingkan lulusan SMA dikerenakan tentang pengalaman dilapangan .
  • Lulusan SMK mempunyai 2 pilihan kalau ekonomi tidak mencukupi bisa langsung mencari pekerjaan , jika ekonomi masih memungkinkan untuk menlanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi . Sedangkan lulusan SMA akan lebih sulit mencari pekerjaan jika hanya lulusan SMA dan minimal harus lulusan S1 .
  • Lulusan SMK akan membuat kita fokus ke satu hal , yaitu bidang yang kita geluti selama masih bersekolah di SMK .
  • Bagi siswa yang tidak terlalu menonjol dibidang Akademis , lebih bagus masuk SMK karna di SMK akan lebih dikembangkan bidang yang kamu inginkan dan tidak terlalu memikirkan bidang-bidang akademis lainnya , karna di SMK lebih banyak melakukan praktik dibandingkan teori .
Kekurangan SMK : 
  • Biaya pendidikan SMKI relatif lebih tinggi dibandingkan SMA dikarenakan banyaknya melakukan kegiatan praktik , prakrin , dan lain-lain .
Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat buat kalian yang sebentar lagi mau lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) . Jika Artikel ini ada kesalahan silahkan berkomentar dikolom komentar dan beri masukan pada blog ini .

Samapi Jumpa ☺😊😁

Artikel PocongHappy Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

PERHATIAN !!!
1 . Dilarang menggunakan kata-kata penghinaan
2 . Dilarang berkomentar melenceng dari Artikel
3 . Dilarang memuat komentar spam/link aktif dan sejenisnya

Jika melanggar pertauran diatas , komentar anda akan dihapus

Copyright © 2016 PocongHappy | Powered by Blogger